Surabaya

Rumkital Dr. Ramelan Menerima Bionic Hand Dari Undip

Karumkital Dr. Ramelan Laksamana Pertama TNI dr. I.D.G Nalendra Djaya Iswara, Sp.B., Sp.BTKV (K) menerima secara langsung Bionic Hand  dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, acara yang berlangsung di Ruang Loungeroom Rumkital Dr. Ramelan Surabaya. Kamis,(30/11).

Karumkital Dr. Ramelan pada kesempatan ini menyaksikan penandatangan berita acara serah terima Bionic Hand dari Universitas Diponegoro kepada Rumkital Dr. Ramelan. Berita acara yang ditandatangani oleh Kasubdep Orthopedi Letkol Laut (K) dr. Adi Suriyanto, Sp. OT dan Kepala Pusat Penelitian CBIOM3S Universitas Diponegoro Dr. Rifky Ismail, S.T., M.T.

Karumkital Dr. Ramelan dalam sambutannya menyampaikan Kerjasama antara Rumkital Dr. Ramelan dan Universitas Diponegoro tidak terbatas pada pelayanan kesehatan saja namun juga transfer knowledge, agar terjadi sinergi perkembangan ilmu antar pemberi pelayanan kesehatan. Sehingga kedepan melalui kerjasama ini, diharapkan menjadi pioner bagi Bionic Hand produk dalam negeri dan mampu bersaing dengan negara lain.

“ Dalam acara ini pada hakekatnya memiliki makna yang sangat strategis bagi kedua belah pihak sebagai refleksi dari tanggung jawab, serta tekad dan semangat untuk mengaktualisasikan terwujudnya pelayanan yang lebih luas kepada masyarakat secara paripurna “ ditambahkan Karumkit

Pada kesempatan yang sama, Kepala Pusat Penelitian Center for Bio Mechanics, Bio Materials, Bio Machantronics and Bio Signal Processing (CBIOM3S) Universitas Diponegoro (Undip) Dr. Rifky Ismail, S.T., M.T. dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih Kepada Karumkital Dr. Ramelan dan jajarannya  atas kesempatan dan kepercayaan untuk bekerja sama dengan anak-anak muda ini untuk mengembangkan teknologi Hand Bionic.

“ Riset yang telah kami lakukan memang masih belum sempurna, kami mohon dukungan dari semua pihak agar kami mampu menyempurnakan produk Bionic Hand ini dan kedepan bisa menjadi produk andalan di Indonesia. Karena di Asean baru kami yang mampu membuat dan menguji cobakan produk Bionic Hand sampai langsung ke pasien“. Ujarnya.

Bionic Hand hasil kerja sama Rumkital Dr. Ramelan dengan Undip ini diberi nama Albiondi. Terbuat dari bahan polimer PLA, yang dilengkapi EMG sensor, SIM-Mechanic Integration serta menggunakan motor servo sebagai penggeraknya dan mampu mengangkat beban hingga 5 kilogram.

Sersan Kepala Marinir (Serka Mar) Siswandi mantan Instruktur Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Marinir Purboyo kembali menerima Bionic Hand untuk tangan sebelah kiri, yang sebelumnya telah menggunakan Bionic Hand untuk tangan kanan buatan Inggris. Bionic Hand untuk tangan kiri ini terasa spesial karena merupakan karya anak bangsa sendiri.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Prof. Dr. (H.C) Dahlan Iskan, Itjen Kemenkes RI Drs. Purwadi, Apt, M.M., M.E., Wakamed Rumkital Dr. Ramelan, Kapokli Rumkital Dr. Ramelan, Para Kadep Rumkital Dr. Ramelan beserta tamu undangan.