Surabaya

Karumkital Dr. Ramelan Terima Kunjungan Itjen Kemenkes RI

Kepala Rumah Sakit Angkatan Laut (Karumkital) Dr. Ramelan Laksamana Pertama TNI I.D.G. Nalendra Djaya Iswara, Sp.B, Sp.BTKV (K) menerima kunjungan kerja Inspektur Jenderal Kementerian Kesehatan (Itjen Kemenkes) Republik Indonesia Drs. Purwadi, Apt, M.M., M.E beserta Tim di Ruang Serba Guna Jalamangkara Rumkital Dr. Ramelan, Surabaya. Kamis (30/11).

Kunjungan kerja Itjen Kemenkes RI tersebut dalam rangka peninjauan kegiatan bhakti sosial operasi katarak massal kerjasama TNI dengan Kementerian Kesehatan RI dan PERDAMI Jawa Timur. Kegiatan bhakti sosial operasi katarak masssal bertujuan untuk mengeliminasi angka kebutaan akibat katarak.

Pada kesempatan tersebut, Karumkital Dr. Ramelan Laksamana Pertama TNI I.D.G. Nalendra Djaya Iswara, Sp.B, Sp.BTKV (K), menyampaikan terima kasih sedalam-dalamnya atas terlaksananya kegiatan bhakti sosial operasi katarak massal, kepada panitia pelaksana, kepada Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Kepada PERDAMI jawa Timur dan kepada jajaran teritorial TNI serta masyarakat umum dengan kekuatan media sosialnya sehingga dapat menyebarkan informasi kegiatan ini jauh sampai kepelosok Jawa Timur.

“ Semoga kegiatan ini memberikan manfaat besar bagi warga masyarakat yang membutuhkan khususnya masyarakat Jawa Timur “ ditambahkan Karumkit

Itjen Kemenkes dalam sambutannya mengatakan Sumber Daya Manusia yang berkualitas bisa diwujudkan salah satunya dengan bebas dari gangguan panca indra. Mata yang sehat merupakan investasi, karena itu pemerintah akan berupaya melakukan penanggulangan gangguan penglihatan dan kebutaan di Indonesia dengan strategi dan langkah kongkret yang dapat langsung dirasakan oleh masyarakat.

“ Salah satu langkah kongkret yang dilakukan pemerintah adalah dengan melakukan kegiatan percepatan eliminasi kebutaan akibat katarak “ disampaikan Itjen Kemenkes RI

Diakhir sambutannya Itjen Kemenkes RI berharap dengan personil dan sarana angkutan yang dimiliki TNI yang dapat menjangkau daerah-daerah terpencil, perbatasan bahkan pulau-pulau terluar di seluruh Indonesia. Oleh karenanya, kegiatan seperti ini yang mendapatkan dukungan penuh oleh TNI dan PERDAMI dapat ditingkatkan dimasa mendatang guna mempercepat terwujudnya ketersediaan pelayanan kesehatan mata yang komprehensif dan bermutu bagi masyarakat Indonesia di seluruh pelosok tanah air.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Wakamed Rumkital Dr. Ramelan, Kapokli Rumkital Dr. Ramelan, Kadinkes Provinsi Jawa Timur, Karumkit Tk. III Brawijaya, Ketua PERDAMI Jawa Timur, Kepala KKP Kelas I Surabaya, Para Kadep Rumkital Dr. Ramelan, Para kafaskes TNI Wilayah Surabaya dan para tamu undangan.