Surabaya

Rumkital Dr. Ramelan Selenggarakan Pelatihan Preseptorship

Perubahan Kurikulum Pendidikan yang lebih berorientasi pada kompetensi tertentu memberikan implikasi pada berbagai perubahan, termasuk kesiapan tenaga pembimbing klinik dalam memberikan bimbingan agar mencapai kompetensi yang diinginkan. Demikian sambutan Karumkital Dr. Ramelan Laksamana Pertama TNI dr. I.D.G. Nalendra Djaya Iswara, Sp.B., Sp.BTKV (K) yang dibacakan oleh Wakamed Rumkital Dr. Ramelan Kolonel Laut (K) dr. Sapta Prihartono R., Sp.B, Sp.BA dalam acara pembukaan pelatihan Prepetorship Pada Pembelajaran Klinik Keperawatan bertempat di Ruang Kelas Bakordik Rumkital Dr. Ramelan. Senin, (13/11/17).

Pelatihan Preseptorship pada pembelajaran klinik Keperawatan adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan keterampilan pada perawat tentang bimbingan klinik model preseptorship dengan tujuan agar nantinya para peserta pelatihan dalam melaksanakan kegiatan dapat lebih terarah dan tertata dengan baik. Pelatihan yang berlangsung selama empat hari mulai tanggal 13 s/d 16 November 2017 dan diikuti sebanyak 39 peserta dari Perawat dan Bidan Rumkital Dr. Ramelan, terselenggara atas kerjasama Rumkital Dr. Ramelan dengan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Jawa Timur.

Dalam sambutannya Karumkital Dr. Ramelan menyampaikan bahwa perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi keperawatan menumbuhkan perkembangan keterampilan keperawatan sebagai profesi perawat sebagai tenaga kesehatan tidak terlepas dari pengaruh adanya peningkatan tuntutan dari masyarakat. Oleh karena itu pelayanan keperawatan sebagai bagian integral dari pelayanan kesehatan perlu diupayakan pengembangannya.

Diakhir sambutannya Karumkital Dr. Ramelan berharap kepada seluruh peserta hendaknya dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya sehingga dapat bermanfaat dan dapat diaplikasikan dalam mendukung pelaksanaan tugas di Rumkital Dr. Ramelan.

Sementara itu, Ketua DPW PPNI Jawa Timur Prof. Dr. Nursalam, M.Nurs (Hons) dalam sambutanya menyampaikan  bahwa pelatihan ini untuk meningkatkan kompetensi yang dimiliki oleh para pembimbing. Sehingga dengan adanya peningkatan kompetensi pembimbing diharapkan dapat meningkatkan mutu pelayanan dan berdampak baik pada kualitas praktikum mahasiswa.

Turut Hadir dalam kesempatan tersebut, Laksamana Pertama TNI (Purn) Dr. A.V. Sri Suhardiningsih, S.Kp., M.Kes Assesor Lam-PTKes, Kadep Bangdiklat Kolonel Laut (K/W) drg. Wuryani, M.Kes, Kasubdep Diklat Letkol Laut (K) M. Imron, Kasubdep Binwat Letkol laut (K) Pudji Agung W., S.Kep. Ns., Ketua Bidang Pendidikan & Pelatihan DPW PPNI Jawa Timur Dr. H. Ahsan, S.Kp., M.Kes, Tim Instruktur PPNI Jawa Timur dan Tim Instruktur Komisariat PPNI Rumkital Dr. Ramelan.